Daring solosi di tengah pandemi

 

Daring Solusi di Tengah Pandemi Oleh : Yusup Karjanto , SP.d

Bojonegoro, 15 Agustus 2020

Tema : * Membangun Indonesia melalui dunia Pendidikan dengan pembelajaran dalam jaringan yang efektif dan menyenangkan  *

Judul : Daring Solusi di Tengah Pandemi

Oleh   : Yusup Karjanto ,SPd

 

Pembelajaran daring adalah hadiah yang maha dahsyat ketika Republik ini menuju usia ke 75 tahun, sebagai usia yang sudah tua bagi rata rata masyarakat Indonesia, suatu usia yang harus bersiap menjemput salam Izrail.Sebuah peristiwa yang bernama Corona telah merubah segala tradisi pembelajaran yang sudah berlaku turun temurun dari generasi ke generasi yaitu tatap muka.Atas nama kesehatan dan semangat bersama untuk mencegah penyebaran virus Corona atau covid 19 maka mau tidak mau institusi pendidikan juga harus terkena imbasnya, ruangan yang biasanya ceria dengan tawa dan tangisan peserta didik,kini menjadi bisu tanpa ada secuil kata ,sambil menunggu ketentuan yang tidak tahu kapan berakhirnya.Maka dunia pendidikan harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada untuk melakukan revolusi dunia pendidikan atas nama menyelamatkan generasi penerus bangsa.

 Sehingga android menjadi piranti yang paling memungkinkan untuk tetap bisa melayani peserta didik disaat pembelajaran tatap muka menjadi sesuatu yang tabu untuk dilaksanakan.Android yang tadinya menjadi barang yang dilarang dibawa oleh peserta didik karena dikuatirkan akan menganggu pemikiran peserta didik dalam belajar, menjadi sesuatu yang wajib terus ada mendampingi peserta didik dalam proses pembelajaran.Pendidik yang tadinya mengunakan android hanya untuk alat komunikasi terbatas atau sekedar untuk mengangkat status sosial pemiliknya, menjadi barang yang menjadi kepanjangan tangan guru untuk melayani peserta didik.Agar pembelajaran jarak jauh lebih efektif maka beberapa hal yang harus dilakukan adalah:

1.komunikasikan dengan orang tua peserta didik, sehingga tujuan mulia ini bisa mencapai hasil yang maksimal.

2.Kerjasama dengan orang tua , terutama dalam proses pengawasan dalam pembelajaran daring dan sesudahnya.

3.Membangun komitmen bersama, terutama jika ada masalah masalah dalam pelaksanaan daring ini, karena fakta dilapangan banyak dijumpai berbagai kendala yang membutuhkan soslosi bersama.

Salah satu faktor yang harus menjadi perhatian adalah pengawasan dari orang tua baik ketika pembelajaran berlangsung maupun setelah  selesai pembelajaran.hal ini sangat penting karena disadari atau tidak dengan peserta didik membawa android tidak bisa kita hindari adalah masuknya konten konten lainnya  yang diakses oleh peserta didik yang tidak sesuai kebutuhan yang justru akan mencabut jati diri peserta didik sebagai bangsa Indonesia.Karena tanpa disadari kita sebenarnya sudah mulai terkikis dari akar budaya sebagai bangsa Oleh karena itu untuk meminimalisir pengaruh yang kurang baik maka selain pengawasan dari orang tua,maka materi daring harus memenuhi syarat syarat sebagai berikut :

1.Materi lebih banyak media vidio, karena diakui atau tidak sekarang budaya membaca mengalami penurunan, sehingga dengan vidio langkah melihat dan mendengar lebih mengena pada peserta didik dizaman ini.

2.Materi disesuaikan dengan kondisi peserta didik,,maka disituasi seperti ini guru dituntut untuk pandai pandai mengetahui perbedaan diantara peserta didik, sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga anak merasa dimanusiakan dan akan selalu merindukan materi daring dari guru.Karena di situasi normal beberapa guru tidak memahami  perbedaan peserta didik sehingga pelayanan cenderung diberikan secara homogen.

3.Pemberian tugas diupayakan kepada anak untuk menyesuaikan dengan lingkungan peserta didik, sehingga secara tidak langsung mendidik anak untuk pandai membaca lingkungan sekitar, yang dalam jangka panjang akan mengasah anak untuk membaca situasi dalam menghadapi kehidupan kelak

Dari tiga konsep pembelajaran ini , penulis yakin akan ada sedikit solosi dari pelaksanaan belajar daring menjadi sesuatu yang mengisi hati peserta didik.Kekurangan bukanlah halangan yang menghambat kesuksesan kita dimasa yang akan datang, bukankah banyak kisah kisah inspiratif dimana banyak orang yang sukses dikemudian hari diawali dari kegetiran hidup Dalam sejarah dibuktikan bahwa keterbatasan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah adalah dari keterbatasan, tetapi sejarah mencatat dengan keterbatasan kita sukses meraih kemerdekaan.Semoga diusia kemerdekaan yang ke 75 semakin memberikan inspirasi dalam melawan keterbatasan dalam melaksanakan pembelajaran daring sehingga peserta didik tidak hanya pandai tetapi jiwanya terisi hal hal yang baik, semoga android yang dipegang benar benar menginspirasi peserta didik untuk membawa mimpi bangsa ini menjadi bangsa yang disegani dunia.Jika di masa perjuangan bambu runcing bisa membuat penjajah lari dari indonesia maka disaat ini android dengan daringnya bisa mengatasi kesulitan pembelajaran didunia pendidikan.Pandemi telah merubah segalanya dan semoga daring mewujudkan mimpi bagi generasi bangsa ini membawa marwah bangsa ini kedepan dimata dunia.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Materi Pertemuan Ke1

anak adalah investas